Cerita rakyat Sulawesi selatan: putri tadampalik

|| || || Leave a komentar

Cerita rakyat Sulawesi selatan:

 putri tadampalik


Cerita rakyat dari Sulawesi selatan  - ini berkaitan dengan kerajaan bone.salah satu cerita rakyat Indonesia yang cukup terkenal dari Sulawesi selatan.cerita rakyat ini mengisahkan tentang seorang putri yang sakit akibat menolak pinagan dari raja bone.untuk lebih lengkapnya mari kita simak cerita rakyat dari sul-sel ini,yang berjudul putri tadampalik.

Datu luwu adalah seorang kepala kampung di pedalaman Sulawesi selatan. Pasa saat itu datu luwu tampak kebingungan sebab menerima utusan dari raja bone yang menyampaikan pinangan untuk putri tadampali.menurut adat luwu,seorang putri dari luwu tidak di perbolehkan menikah dengan lelaki dari luar sukunya.namun jika pinangan itu di tolak akan terjadi peperangan . akibatnya ,rakyatlah yang menederita. Oleh karena itu,datu luwu menerima pinangan tersebut
Sepeninggal utusan raja bone, putri tadampalik jatuh sakit. Seluruh tabib di pelosok di pelosok negeri luwu di datangkan untuk mengobati penyakit putri tadampalik .namun tak seorang tabib pun sanggup mengobatinya . sakit sang putri semakin hari malah semakin parah. Seluruh tubuh pitri tadampalik berair  dan berbau amis.khawatir penyakit ini akan menular ke seluruh penjuru karajaan ,dengan sedih ,raja bone memutusakan untuk  membuang putri tadampalik menggunakan rakit dengan di iringi pengawal setianya.
Datu luwu merasa sedih namun harus melepas putrinya.dengan bercucuran air mata datu luwu berpisah dengan putri tadampalik.setalah berpamitan  dengan ayahnya,putri tadampalik berlayar bersama rombongan pengawalnya meninggalkan kerajaan bone.mereka tidak memiliki tujuan sampai kemudian bertwmu daerah yang landai.meraka memutuskan untuk berlabuh di daerah itu dan mendirikan rumah.daerah itu sangat subur dan bagus untuk bercocok tanam.mulialah kehidupan mereka yang sederhana di daerah itu.
Suatu hari ketika putri tadampalik sedang sendiri di halaman rumahnya,tiba-tiba seekor kerbau mulai menghampirinya.putri tadampalik menghalaunya. Namun, kerbau itu menerjang putri tadampalik hingga jatuh pingsan.kerbau itu menjilati tubuh putri tadampalik yang membusuk karena penyakit. Kejadian itu berulang-ulang sampai kemudian penyakit yang di derita putri tadampalik sembuh, putri tadampalik dan semua pengikutnya sangat bersyukur kepada tuhan yang telah mengirimkan kerbau bulai untuk menyembuhkan penyakit itu.
Ketika pesta berburu tiba,putra mahkota kerajaan bone mengadakan perburuan ke hutan di ikuti banyak pengikut.tiba-tiba putra kerajaan bone tergoda oleh seekor rusa.dia mengejar rusa itu sampai ke dalam hutan dan terpisah dari pengikutnya, tetapi rusa itu menghilang.dalam kegelapan malam, putra kerajaan bone melihat perkampungan dan dia segera menuju kesana ketiksa dia tiba di perkampungan itu,semua penduduk sudah tertidur lelap.dia lalu menujuh rumqh yang paling besar.putra mahkota terpesona melihat putri yang sangat cantik sedang tertidur lelap. Dia menynentuh bahu putri tadampalik.putri tadampali bangun dan terkejut melihat putra mahkota bone. Pertemuan pertama itu membuat ke duanya terpesona .
Sebelum kembali ke kerajaan,putra mahkota  bone menyampaikan pinagnya kepada putri tadampalik.namun, putri tadampalik belum berani menerimanya. Sepanjang perjalanannya pulang putra mahkota bone sanga murung bahkan ketika smpai di kerajaan, dia jatuh sakit.dari seorang pengawal, akhirnya di ketahui bahwa putra mahkota bone telah jatuh cinta kebada putri tdampalik. Raja bone segera mengirim beberapa utusan untuk meminam putri tadampalik. Karena belum berani  menerima pinangan itu sebelum bertemu datu luwuk, putri tadampalik memberikan pusaka sebagai tanda persetujuannya atas pinangan itu. Lalu putri tadampalik bersama bengikutnya berangkat ke kerajaan luwu menemui ayahandanya.datu luwu sangat terharu melihat putrinya kembali dan sembuh seperti sediakala. Tuhan yang maha kuasa telah menyembuhkan putrinya.datu luwu segera menerima pinangan putra mahkota bone. Pernikahan mereka di rayakan dengan meriah.semua rakyat menyambut gembira pernikahan ini. Akhirnya putri tadampalik bahagia di tengah-tengah kerajaan bone.




Ini mengajarkan bahwa sebuah pengorbanan yang ikhlas akan membuahkan hasil yang sangat manis…
/[ 0 komentar Untuk Artikel Cerita rakyat Sulawesi selatan: putri tadampalik]\

Posting Komentar